Sunday, August 7, 2011

Review: HTC ChaCha si ponsel QWERTY Facebook

Tidak dapat di pungkiri lagi, demam Facebook semakin lama semakin kuat sehingga para pengguna internet semakin ketagihan berinternetan dan mengakses Facebook. Karena itu, vendor HTC ingin mencari keuntungan besar dengan merilis ponsel baru yakni HTC ChaCha sebagai andalannya saat ini. Itu di sebabkan karena belum ada satupun vendor yang membuat ponsel Facebook seperti HTC ChaCha, jadi ini merupakan ponsel Facebook pertama di dunia.

Kabar baiknya, ChaCha sudah masuk ke Indonesia. Kabar buruknya, ponsel QWERTY Touch ini di banderol cukup mahal untuk sebuah ponsel Facebook (Berbeda dengan pesaing ChaCha yang lain yang harganya di bawah harga HTC ChaCha).

Lalu, apakah HTC ChaCha mampu bersaing dengan ponsel sekelasnya seperti Samsung Galaxy Pro, Acer B-Touch dan Motorola CHARM?
Mari kita simak ulasan di bawah ini.
HTC ChaCha
DESAIN
Karena Ada tombol Facebook di bawah Keyboard QWERTY HTC ChaCha ini yang membuatnya di sebut-sebut sebagai ponsel Facebook. Tombol Facebook dapat mempermudah pengguna untuk meng-upload foto, update status dengan cukup menekan tombol Facebook.
Jika di lirik dari segi desain, tidak ada perubahan berarti di segi material dan kualitas. Sangat baik.

Desainnya yang slim dengan berat 120gram dan dimensi 11.44x6.46x1.07cm memberi kesan elegan pada ChaCha.

LAYAR
Seperti pada umumnya, si ChaCha sudah memakai layar sentuh kapasitif TFF berkedalaman 256 ribu warna, beresolusi layar 480x320 piksel dan luas layar 2.6 inci. Di karenakan berkonsep QWERTY Candybar, layarnya pun berkonsep Lanscape dengan resolusi HVGA. Ketika terkena sinar matahari, layar tetap dapat di lihat dengan jelas.

Soal sensitivitas layar, rasanya tidak ada masalah saat di coba mengaksesnya menggunakan jari.

ANTARMUKA DAN SISTEM OPERASI
Dilengkapi UI Sense milik HTC, tampilannya menjadi cukup aktraktif karena berpadu dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread yang di jalankan ChaCha. UI Sense memanfaatkan lima dasar Homescreen (Work, Travel, Social, Play dan Default) yang dapat di kostumisasi sesuai keinginan pengguna.
HTC ChaChaHTC ChaCha


Ada 2 tombol virtual yang berfungsi untuk mempermudah pengguna mengakses HTC ChaCha dan 2 tombol tersebut hanya muncul pada Homescreen HTC ChaCha. Tombol sebelah kiri untuk membuka menu aplikasi, sedangkan Tombol sebelah kanan berfungsi guna membuka menu Personalisasi.

Semakin asyik lagi dengan di tambahkannya prosesor 800MHz dalam HTC ChaCha, kinerja pada ponsel menjadi cepat dan stabil.

KAMERA
Pada sektor kamera, HTC menanamkan kamera 5 MP (2592x1944 piksel) yang dilengkapi fitur pro seperti autofokus, LED Flash, Geo-tagging, dan Face Detection. Namun Anda tidak akan menemukan tombol shutter di ponsel ini, artinya Anda hanya dapat memotret objek menggunakan tombol virtual pada layar. Saat kamera ChaCha sedang dalam mode melihat sebelum mengambil objek, di layar akan tampak 4 tombol virtual yang berada pada sebelah kanan. Di antaranya ada Pergantian mode Foto ke Video dan sebaliknya, Pergantian mode kamera belakang ke depan dan sebaliknya, pengaturan Flash dan Menu Galeri. Sedangkan di sebelah kiri pada layar akan terlihat garis panjang yang mana itu adalah tombol zoom virtual untuk mendekatkan dan menjauhkan kamera dari objek.
Tampilan Mode Kamera HTC ChaCha, SUMBER Gambar dari www.gsmarena.com
Hasil Kamera pada HTC ChaCha bisa di katakan lumayan bagus.

Foto-foto Hasil Kamera 5MP HTC ChaCha:

hasil foto kamera 5 MP HTC ChaCha, Dari www.gsmarena.comhasil foto kamera 5 MP HTC ChaCha, Dari www.gsmarena.com
hasil foto kamera 5 MP HTC ChaCha, Dari www.gsmarena.com
hasil foto kamera 5 MP HTC ChaCha, Dari www.gsmarena.comhasil foto kamera 5 MP HTC ChaCha, Dari www.gsmarena.com


Selain itu, Kamera 5MP milik ponsel Android Facebook ini juga bisa merekam video D1 (720x480 piksel) @30fps dengan menghasilkan video format 3gp. Hasilnya, cukup memuaskan karena adanya kecepatan rekam video 30fps.

INTERNET DAN KONEKTIVITAS
Dual-band 3G, HSDPA 7.2Mbps dan kecepatan uplink 384kbps telah hadir di HTC ChaCha guna mendapatkan kecepatan akses internet yang memuaskan. Plus, Wi-Fi b/g/n untuk Anda yang ingin internet bebas biaya.

Di sektor konektivitas, sudah menjadi fitur wajib bagi kalangan ponsel pintar hingga ponsel low-end sekalipun. Ya, tak terkecuali HTC ChaCha yang dilengkapi Bluetooth anyar versi 3.0 dengan A2DP, MicroUSB 2.0 dan GPS sebagai wadah untuk mencari lokasi. Perlu di ketahui bahwa port USB milik ponsel QWERTY Android Facebook ini dapat difungsikan sebagai Charge Only, Disk Drive, HTC Sync dan USB Tethering.

AUDIO DAN VIDEO
Layar Lanscape yang sudah menjadi layar default HTC membuat antarmuka pemutar musik agak berbeda dengan ponsel HTC lainnya. Fitur yang ada di sektor Audio tergolong sama pada umumnya. Selain pemutar musik, ada juga Radio FM sebagai pilihan alternatif selain music player. Ya, untuk menikmati fitur ini di butuhkan headset.

KESIMPULAN
Di mulai dari desain yang ergonomis, unik dan elegan di tambah dengan konsep yang menarik. HTC ChaCha dapat di jadikan pilihan yang bagus, apalagi sudah dilengkapi OS Android Gingerbread dan Tombol Facebook Terintegrasi.
Namun, luas layar yang hanya 2.6 inci di rasa kurang nyaman dan Flash pada browser juga kurang maksimal. Apapun itu, ponsel ini cocok untuk para penggila Facebook.



FITUR DAN SPESIFIKASI HTC CHACHA:
HARGA HTC CHACHA:

No comments:

Post a Comment