Monday, August 15, 2011

Defcon Kids, Kelas Hacker Khusus Anak








Ingin jadi hacker? Pastinya buat yang suka sama
internet,
suka sekali sama profesi hacker ini. Profesi hacker itu bagi saya
merupakan
kerjaan orang yang ahli IT untuk meretas sistem di dunia maya. Dengan
adanya
hacker ini,kita jadi bisa mengetahui seberapa bagusnya sistem keamanan
tersebut
agar tidak mudah di hack oleh hacker yang jahat.







Defcon, konferensi tingkat dunia untuk para peretas (hacker) menggelar Defcon Kids, kelas peretas khusus untuk anak. Pergelaran ini adalah yang pertama kalinya dalam 19 tahun penyelenggaraan Defcon.

Kelas diskusi dan tutorial tersebut ditujukan bagi anak-anak usia 8 sampai 16 tahun. Peminatnya tak sedikit, 60 anak mengikuti kelas yang berlangsung selama pada 6 hingga 7 Agustus 2011 lalu. Defcon sendiri merupakan konvensi yang diikuti oleh sekitar 10.000 peretas untuk berbagi pengetahuan tentang teknik-teknik menembus dan mengamankan komputer serta perangkat lainnya.


Para peserta juga berkesempatan mengikuti demo dan workshop dengan berbagai tema seperti belajar membuka kunci Master, Google Hacking, Making Electronics, Social Engineering, Coding in Scratch dan Communicating in Code. Panitia menyediakan ruang kerja bagi anak-anak yang ingin berpartisipasi dalam aktivitas meretas, di antaranya Codebreaking Museum, Makerbot dan Hardware Hacking Station.

Anak-anak dipersilakan turut serta dalam kompetisi meretas yang diadakan khusus bagi mereka. Salah satunya adalah kompetisi mengungkap kunci untuk digunakan misalnya saat mereka lupa kombinasi kunci lemari penyimpanan. Mereka juga ditantang untuk menemukan celah keamanan di sejumlah perangkat, mulai dari game sampai peranti komputer.

No comments:

Post a Comment