Sunday, June 5, 2011

Chip Peredam Gangguan Sinyal



http://image.selular.co.id/images/berita/selular20110605103231.jpg

Sebagai perangkat elektronik, handphone sudah barang tentu sering menghadapi problem interference (gangguan) dari frekuensi lain, apalagi dengan berkembangnya fitur, handphone saat ini banyak mengadopsi multi frekuensi dalam satu handset. Akibat dari terjadinya interference, performa handphone pun dapat terganggu, beberapa indikator bisa dilihat dari lemahnya bar sinyal yang diterima, seringnya drop call sampai kualitas penerimaan suara yang jauh dari jernih. Bila sudah demikian jadinya, pengguna handphone tentu jadi pihak yang dirugikan.

Beberapa solusi telah dilakukan untuk mengatasi problem interference, salah satunya dengan membenamkan chip khusus di dalam komponen PCB (printed circuit board) handphone. Konsep ini dikembangkan oleh Quellan Inc., sebuah perusahaan penghasil analog integrated circuit (IC) dari Santa Clara, California, AS. Solusi yang ditawarkan Quellan yakni memutus frekuensi yang tak dikendaki saat diterima oleh antena handphone. Solusi Quellan diberi label dagang Noice Canceller IC. Kemampuan chip ini dapat mendiagnosa beberapa frekuensi, diantaranya GSM, GPS, CDMA, DVB-H, ISDB-T, WiFi, Bluetooth dan beragam protokol yang mempunyai frekuensi hingga 3Ghz.

Chip Noise Canceller bekerja dengan memilah frekuensi yang masuk sesuai dengan spesifikasi yang digunakan pada handphone. komponen utama yang digunakan adalah CE (Channel Emulator) dan dua LNA (Low Noise Amplifier) dalam sampling path. Quellan memperkenalkan tiga tipe chip untuk varian noice canceller, yakni QHx100 narrowband, QHx220 adaptable dan QHx230 settable. Versi tarbaru QHx230 berhasil diujicoba untuk memperkuat penerimaan sinyal pada konsol GPS pada ajang CES (Consumer Electronic Show) 2009 di Las Vegas, AS.
Arsitektur Chip Noice Canceller

”Dengan kecanggihan ini, kami berharap dapat memasarkan chip noice canceller ke pihak OEM (original equipment manufacture) handphone”, ujar Philip Gadd, Vice President Marketing Quellan. Selain bisa dibenamkan dalam handphone, chip noice canceller juga mampu di install pada perangkat seperti laptop, konsol game dan portable TV digital. Kelebihan lain yang ditawarkan, chip yang digunakan tergolong hemat energi dengan konsumsi dibawah 12 mili Watt. Ditambah lagi ukuran chip noice canceller tergolong ultra small, yakni hanya 9 milimeter persegi dengan 15 dBm noice cancellation. Keseluruhan sistem chip dirancang untuk bisa bertahan dalam suhu antara -40 sampai 85 derajat Celcius. (Haryo Adjie Nogo Seno)






sumber:http://www.selular.co.id/berita/BArticle/2011/06/368173195323/Chip-Peredam-Gangguan-Sinyal

No comments:

Post a Comment